Sabtu, 05 Agustus 2023

Masjid Bertaburan di Pantai Gading

Masjid masjid agung di berbagai distrik di Negara Pantai Gading.
 
Republik Pantai Gading, dalam bahasa Prancis disebut Republique de Cote D'Ivote dan Ivory Coast dalam bahasa Inggris, adalah negara di pantai barat benua Afrika, menghadap langsung ke Samudera Atlantik. Pantai Gading mulanya ber-ibukota di Abidjan kemudian dipindahkan ke Yamoussoukro di tahun 1983.
 
Berdasarkan berbagai hasil penelitian, dari sekitar 16 juta penduduk Pantai Gading, 30% hingga 60% diantaranya beragama Islam disusul oleh pemeluk Katolik dan animis. Masjid begitu mudah ditemukan dinegara bekas jajahan Prancis ini, dan Bahasa Prancis menjadi Bahasa Nasionalnya. Di Abidjan sebagai kota terbesar dan pernah menjadi ibukota negara, ada begitu banyak masjid masjid berukuran besar beberapa diantaranya dibangun oleh pemerintah sebagai masjid negara.
 
Pantai Gading terbadi menjadi 14 distrik dan setiap ditrik memiliki masjid agung yang dalam Bahasa setempat disebut dengan Grande Mosquée, beberapa distrik bahkan memiliki masjid masjid agung di masing masing kota-nya. Masjid masjid di Pantai Gading memiliki arsitektur yang khas dengan menaranya yang berdenah segi empat begitupun bangunan masjidnya yang tampak nyaris serupa. Berikut 7 masjid dari 14 masjid di berbagai distrik di Pantai Gading. Tujuh lainnya akan kami sajikan di tulisan berikutnya.
 
1. Plateau Mosque
Mosquée Salam du Plateau
🌍https://goo.gl/maps/nCkPA6iRcWbjcggL9
 
Plateu Mosqu atau Masjid Salam di Abidjan.

Nama resmi masjid ini adalah masjid salam berada di Kawasan Plateu di pusat kota Abidjan, karenanya lebih dikenal sebagai masjid Plateu. Masjid ini merupakan salah satu masjid besar dan megah di kota Abidjan yang sebelumnya merupakan ibukota Pantai Gading sebelum dipindahkan ke Yamoussoukro.
 
2. Grande Mosquée Yamoussoukro
Yamoussoukro, Côte d'Ivoire
🌍https://goo.gl/maps/ZWNofm8pWrJjhb7c8
 
Masjid Agung Yamoussoukro atau Grande Mosquee de Yamoussoukro.

Yamoussoukro merupakan ibukota resmi negara Pantai Gading sejak tahun 1982 menggantikan kota Abidjan yang berada dikawasan pantai menghadap ke samudera Atlantik. Berbeda dengan kota Abidjan, kota Yamoussoukro justru berada didaratan jauh dari pantai. Adalah presiden Felix Houphouet-Boigny yang bermimpi membangun ibukota baru yang modern bagi negara itu, namun impian tinggal impian.
 
Meski secara resmi merupakan ibukota negara namun Yamoussoukro begitu sepi meski beberapa infrastruktur telah dibangun disana termasuk bangunan istana presiden, katedral dan masjid agung namun kantor kantor pemerintahan dan aktivitas pemerintahan negara masih lebih banyak dilakukan di kota Abidjan yang terkenal sebagai ‘Paris-nya Afrika’.
 
3. Grande Mosquée Aboubakar Sidik San Pedro
San-Pédro, Bas-Sassandra District, Côte d’Ivoire
🌍 https://goo.gl/maps/Us5czEcf9gqXdLwu9
 
Masjid Agung Abu Bakar Siddik San Pedro.

Masjid Agung Abu Bakar Siddik berada di kota San Pedro yang merupakan ibukota dari distrik Bas-Sassandra. Nama kota tempat masjid ini berada memang agak berbeda dengan nama nama kota lainnya di Pantai Gading.
 
Kota pantai ini berkembang dari sebuah kampung nelayan kecil di era 1960-an menjadi Pelabuhan terbesar kedua di Pantai Gading setelah Abidjan, sekaligus kota terbesar ke enam di Pantai Gading.
 
4. Mosquée d'Abengourou
Abengourou, Comoé District, Côte d’Ivoire
🌍https://goo.gl/maps/HtqAbCUMTYVVs5oi7
 
Masjid di Abengourou.

Abengourou merupakan ibukota distrik Comoé. Masjid Abengourou merupakan masjid agung di distrik Comoé. Kota Abengourou mayoritas dihuni oleh suku Agnis (Anyi) yang berasal dari Ghana.
 
Dikota ini terdapat rumah kediaman pemimpin suku Agnis yang juga merupakan raja Indénié. Rumah kediamannya dibangun tahun 1882 dan dihias dengan berbagai artefak. Cukup menarik bahwa nama kota ini berasal dari Bahasa Akan "n'pé kro" yang berarti “saya tidak suka belama lama diskusi”.
 
5. Grande Mosquée d'Odienné
Odienne, Kabadougou Region, Denguélé District, Côte d’Ivoire
https://goo.gl/maps/nfnF9NFqe6kc8YjM8
 
Masjid Agung di kota Odienné.

Odienné adalah ibukota dari distrik Denguélé dan rayon Kabadougou. Kota ini tekenal dengan masjid masjid besarnya, pertambangan emas serta makam tokoh tekenal Vakaba Touré yang merupakan pendiri kota itu dan juga pendiri kerajaan Islam Kabadougou. Masjid Agung d'Odienné merupakan salah satu dari masjid masjid yang bertaburan di distrik Denguele.
 
6. Grande Mosquée de Gagnoa
Gagnoa, Gôh-Djiboua District, Côte d’Ivoire
https://goo.gl/maps/HHaLCW3nTGnqySZS6
 
Masjid Agung di Kota Gagnoa.

Gagnoa berada di sisi selatan bagian tengah Pantai Gading, merupakan ibukota dari Distrik Gôh-Djiboua dan Gôh Region. Berdasarkan jumlah penduduknya yang lebih dari 160 ribu jiwa, kota ini merupakan kota terbesar ke tujuh di Pantai Gading.
 
7. Grande Mosquée de Dabou
Dabou, Lagunes District, Côte d’Ivoire
https://goo.gl/maps/MNNEj1MPz4cn87hc7
 
Masjid Agung di kota Dabou.

Dabou adalah salah satu kota Pelabuhan di Pantai Gading bertetangga dengan Abidjan. Dabou merupakan ibukota dari distrik Lagunes sekalibus juga ibukota dari Grands-Ponts Region.
 
Bersambung ke bagian 2
 
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------
 
Baca Juga
 
Islam di Pantai Gading
Masjid Larabanga - Masjid Pertama di Ghana dan Afrika Barat
Islam di Burkina Faso
Masjid Agung Bobo Dioulasso - Burkina Faso
Masjid Agung Djenne - Republik Mali
Masjid Eyup Sultan Bamako - Mali
Islam di Republik Kooperatif Guyana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar berbau SARA