Sabtu, 19 Agustus 2023

Masjid Jum’at Khiva Uzbekistan

Tak lazim. Masjid Jum'at Khiva atau Friday Mosque of Khiva di Uzbekistan dengan atap datar, menara tunggal tanpa halaman tengah, tanpa pintu gerbang yang tinggi besar dan lebar, serta tanpa kubah , merupakan bentuk yang tak lazim bagi masjid masjid kuno di kawasan asia tengah yang akrab dengan fitur fitur yang disebutkan tadi (foto: wikipedia).
 
Djumma Mosque of Khiva atau Masjid Jum’at Khiva atau The cathedral mosque of Khiva adalah salah satu masjid kuno di Uzbekistan yang berada di Ichan-Kala di ruas jalan yang menghubungkan gerbang Polvon darvaza (Gerbang timur) menuju Gerbang Ota darvoza (gerbang barat) di kota distrik Khiva, Region Xorazm Uzbekistan. Masjid ini telah menjadi salah satu objek wisata popular di Uzbekistan sejak Ichan-Kala mendapatkan satus sebagai warisan budaya dunia pada tahun 1990.
 
Bangunan masjid kuno ini terkenal dengan bentuk pilar pilar masjidnya yang berbentuk sangat unik. Semua pilar masjid ini diukir indah dengan beragam pola sekaligus menjadi ciri dari era mana pilar pilar tersebut dibuat. Struktur atap masjid ini juga terbuat dari kayu dikelilingi dinding tembok dari susunan batu bata, tanpa jendela satupun.
 
Juma Mosque
Khiva, Uzbekistan
 
 
Masjid Jum’at Khiva berdiri berdesakan dengan berbagai bangunan kuno bersejarah di Ichan-Kala (inner fortress) di Khiva yang sudah lama terkenal sebagai kawasan kota kuno dalam benteng dengan struktur menara menaranya yang aneka ragam bentuk dan aneka ragam warna. Disekeiling masjid ini sesak dengan bangunan bangunan madrasah, mausoleum (makam) dan bangunan bersejarah lainnya dengan arsitektur asia tengah yang menawan.
 
Sejarah Masjid Jum’at Khiva
 
Bangunan masjid ini dibangun pada penghujung abad ke 18 masehi diatas teratak bangunan masjid sebelumnya yang sudah ada disana sejak sekitar abad ke 10 masehi, namun dalam ukuran yang lebih kecil. Adalah Muhammad Amin Inakh (1763-91) yang melakukan rekonstruksi hampir seluruh bangunan masjid dan menara yang saat ini berdiri antara tahun 1788-89.

Interior Masjid Jum'at Khiva dengan pilar pilar kayunya yang unik, mihrab dan mimbar yang sederhana dan karpet tradisional Uzbek (foto: Ольга Б).
 
Arsitektur Masjid Jum’at Khiva
 
Secara umum bangunan masjid Jum’at Khiva ini tidak lazim sebagai masjid yang dibangun di kawasan Asia Tengah mengingat bentuk bangunannya yang sederhana dengan atap datar tanpa kubah, tanpa gerbang utama yang biasanya dibangun tinggi besar dan juga tanpa halaman tengah (inner courtyard) yang lapang sebagai ciri ciri utama masjid masjid bersejarah di kawasan Asia Tengah dan juga tanpa jendela di tembok.
 
Struktur bangunan masjid Jum’at Khiva dibuat dari kayu, baik ratusan pilarnya hingga struktur atapnya, dikelilingi tembok dari bata. Bangunan utama masjidnya berdenah segi empat. Atapnya dibangun dari susunan kayu kayu balok yang ditata dalam susunan geometris sehingga sekaligus berfungsi sebagai langit langit ruangan.
 
Beberapa bentuk khas pilar pilar masjid Jum'at Khiva.

Bangunan utamanya berukuran 55x46meter dengan empat pintu akses dari ke-empat sisi bangunan masjid. Sisi utaranya menghadap ke ruas jalan utama yang menghubungkan Gerbang timur dan gerbang barat kota kuno Ichan Kala. Disisi ruas jalan ini, salah satu menara masjid ini berdiri disana setinggi 52 meter.
 
Didalam masjid hanya ada satu ruangan utama tunggal berukuran luas tanpa sekat seperti halnya masjid masjid yang biasa dijumpai sepanjang sejarah dan dunia Islam seperti halnya masjid masjid di Afrasiab (abad ke X), masjid masjid iran (abad ke X), masjid Khas-an di Rabat Maroko (abad XI) dan lainnya. Namun demikian struktur dan aneka dekoratif di masjid Jum’at Khiva ini merupakan bentuk asli setempat.
 
Beberapa ragam ukir pilar pilar Masjid Jum'at Khiva.

Bangunan masjid ini memiliki dua bukaan diatapnya, awalnya berbentuk lingkaran kini dimodif berbetuk segi empat dan diberi atap transparan, dari bukaan atap tersebut memungkinkan masuknya cahaya bulan dimalam hari menerangi area didalam masjid ini menghasilkan atmosfir yang eksklusif bagi jemaah yang sedang sholat disini.
 
Pilar Pilar unik Masjid Jum’at Khiva
 
Seperti disebut diawal tulisan tadi, masjid Jum’at Khiva ini terkenal dengan pilar pilranya yang khas. Pilar pilar kayu ini dibuat dari batang kayu utuh, dibuat serupa, dengan ketinggian rata rata 5,5 meter (tidak termasuk tinggi landasan batunya) dan diameter terbesarnya sekitar 30 cm.
 
Jejeran pilar pilar kayu di Masjid Jum'at Khiva menopang struktur atapnya yang juga dari kayu. Lantainya dibangun dari susunan batu alam.

Batangan kayu utuh itu lalu dibentuk tirus keatas dengan bagian bawahnya dibentuk seperti bola lampu, lalu struktur pilar tersebut ditempatkan diatas landasan dari batu. Masing masing pilar memiliki proporsi dan detil ukiran yang bervariasi begitupun batu landasannya.
 
Ada 218 pilar kayu berukir di masjid ini, sebagian besar dari pilar pilar tersebut diperkirakan dibuat pada abad ke 18-19 masehi. namun beberapa berasal dari reruntuhan bangunan masjid sebelumnya dari abad ke-10, dan puluhan lainnya diperkirakan berasal dari abad ke 11 hingga abad ke 15.
 
Salah satu bukaan atap di Masjid Jum'at Khiva (foto: Julien Dubois).

Usia masing masing pilar dapat dikenali dari bentuk ukiran-nya, pilar dengan ukiran dalam dan muncul dengan gaya kufi berasal dari abad ke 10 hingga abad ke 11 masehi. Sedangkan pilar dengan ornamen ukiran yang lebih datar tidak terlalu dalam juga dengan gaya kufi berasal dari abad ke 11 hingga abad ke 12 masehi. Lalu pilar pilar dengan kombinasi ukiran geometris, ornamen floral dan aksara arab berasal dari abad ke 15 masehi.
 
Pilar yang paling tua kemungkinan besar diambil dari ibukota Khorezmian kuno, Kyat Lay (Kath), yang berada di dasar Amu Darya, ada 17 pilar lainnya yang diambil dari lokasi yang sama namun dengan usia seabad lebih muda.
 
Masjid Jum'at Khiva dengan satu menaranya.

Identifikasi usia masing masing pilar tersebut sesuai dengan hasil penelitian arkeolog Russia V.L Voronina yang membagi usia masing masing pilar didasarkan pada pola ornamen ukiran-nya. Sedangkan tahun pembangunan masjid ini ditulis dipilar pilar masjid dan di samping pintu masuknya tertulis tahun 1316, 1510, 1788, 1789, angka yang berbeda beda tersebut kemungkinan adalah tahapan tahapan pembangunan-nya.
 
Mihrab dan Mimbar
 
Mihrab masjid ini berbentuk sebuah ceruk dengan atap semi kubah dengan ukiran di bagian langit langitnya serta ukiran motif floral dari kembang iris dan duri di sisinya. Sedangkan mimbarnya dibuat dari kayu berupa enam anak tangga, tanpa ukiran dan ornament, dan ditempatkan beberapa meter dari sebelah kanan mihrab.

Menara utama Masjid Jum'at Khiva dari arah utara.
 
Menara Masjid Jum’at Khiva
 
Satu fakta menarik dari masjid jum’at di Khiva adalah lima menaranya yang ditempatkan pada satu garis lurus hingga sejauh 200 meter. Menara utama masjid menempati titik pusat. Menara gemuk pendek “Kalta Minar” berdiri di sisi barat dan menara terjauh yakni Biki-Djan-bika. Menara Seyid-biy Mosque dan Palvan-kari berada di sisi timur.
 
Menara utama masjid dibangun di sisi depan masjid dekat dengan pintu masuk sisi utara disisi jalan, dekat dengan pintu masuk. Menara ini dibangun setinggi 42 meter dilengkapi dengan 81 anak tangga menuju ke puncaknya. Dengan sedikit tambahan tips, pengunjung dapat naik ke menara tersebut.
 
Rujukan
 
http://www.orexca.com/monuments_khiva_juma_mosque.shtml
http://www.advantour.com/uzbekistan/khiva/jumamosque.htm
 
------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------
 
Baca Juga
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar berbau SARA