Sabtu, 15 Juli 2023

Masjid Agung Ufa, Masjid Tertua di Russia

Masjid Agung Ufa / Tukayev Mosque / First Cathedral Mosque of Ufa [foto: Oleg Menkov].
 
Masjid Agung Ufa atau The Old Mosque of Ufa atau First Cathedral Mosque of Ufa atau dalam Bahasa Russia ditulis Первая cоборная мечеть г. Уфы atau lebih dikenal dengan nama Tukayev Mosque adalah masjid agung pertama di kota Ufa Republik Bashkortostan, sekaligus masjid pertama dan tertua di Republik Federasi Russia.
 
Disebut sebagai The First Cathedral Mosque atau The Old Ufa Mosque karena saat ini kota Ufa sedang dibangun Masjid Agung Baru sejak tahun 2007 lalu namun masih belum selesai seratus persen meskipun bentuk megahnya telah mulai menghias wajah kota Ufa sejak beberapa tahun lalu.
 
First cathedral mosque of Ufa
Первая cоборная мечеть г. Уфы
Ulitsa Tukayeva, 52, Ufa, Republic of Bashkortostan, Russia, 450057
https://goo.gl/maps/HhxThhRwWVKHmiaY6
 

Sebagaimana dijelaskan di plakat yang dipaang di tembok masjid, nama resmi masjid ini adalah Masjid Abdul Qadir Al Jilani dan telah ditetapkan oleh Pemerintah Federal Russia sebagai masjid Agung (Chatedral Mosque) pertama bagi Dewan Spiritual Muslim Russia yang dibangun diabad ke 19 dan telah ditetapkan sebagai warisan budaya nasional.
 
Dibangun tahun 1830 atas inisiatif dari Gabdesallam Gabdrakhimov (1765-1840) yang merupakan pejabat Mufti kedua Dewan Spiritual Muslim Orenburg. Madrasah di lingkungan masjid ini dibuka tahun 1887.
 
Selain sebagai masjid pertama di Ufa, masjid ini juga menjadi masjid satu satunya disana yang tetap aktif dari tahun 1960 hingga tahun 1994. Sejarah menyedihkan menimpa imam masjid ini, Cihangir Abızgildin yang ditangkap kemudian di eksekusi oleh NKVD ditahun 1937.

Masjid Agung Ufa / Tukayev Mosque / First Cathedral Mosque of Ufa, disebelah kiri merupakan kantor Dewan Spriritual Muslim Russia. [foto: Николай Рубцов]
 
Saat dibangun tahun 1880 jalan di depan nama jalan didepan masjid ini masih disebut sebagai Jalan Frolovskaya, namun kemudian berubah nama menjadi jalan Tukayev merujuk kepada nama lingkungan disana, begitu halnya dengan nama masjid ini yang lebih dikenal sebagai Masjid Tukayev.
 
Arsitektural Masjid Agung Ufa
 
Seni bina bangunan gaya Tatar sangat kental pada bangunan masjid ini, bangunan beton megah tinggi besar seperti bangunan kastil, dengan balutan warna putih dipadu padan dengan balutan warna hijau tua mendominasi bangunannya, Menaranya tidak dibangun sebagai bangunan terpisah namun ditempatkan dibagian atap masjid.

Masjid Agung Ufa / Tukayev Mosque / First Cathedral Mosque of Ufa di musim dingin yang membeku [foto: Regina Nurg].
 
Dari kejauhan bangunan masjid ini sekilas memang tampak seperti bangunan istana negeri dongeng, lambang bulan sabit di ujung Menara dan kubahnya yang menjadi ciri utama bangunan ini adalah masjid. Menaranya tunggalnya bersegi delapan, kubah besarnya bersegi enambelas mendominasi atap bangunan utama masjid.
 
Beranda bergaya bangunan eropa dengan sepasang pilar beton dan empat anak tangga menjadi akses utama ke ruangan masjid. Pintu masjid dibuat dari kayu berukir khas muslim Tatar, dengan dua baris jendela persegi tidak terlalu lebar pada tembok tembok masjid yang cukup tebal untuk mengantisifasi suhu rendah di musim dingin.

Mihrab dan mimbar Masjid Agung Ufa [foto: Lunghelis “Owl” Berkus]

Interior masjid ini terkesan hangat dengan tembok tembok tebal dan bukaan jendela yang tidak terlalu lebar dan seluruh langit langitnya di plafon. Ruang sholat masjid ini terpisah antara ruang sholat utama khusus untuk Jemaah laki laki sedangkan Jemaah perempuan ditempatkan diruangan disisi belakang yang terhuhung langsung ke ruang utama.
 
Mihrab masjid ini dibangun menjorok keluar Gedung dilengkapi dengan jendela kaca, tidak ada ukiran atau ornamen di ruang mihrab kecuali sebuah bendera hijau dengan lafadz tauhid, mikropon dan tiangnya serta satu tanaman dalam pot. Mimbarnya dibuat sederhana dari bahan kayu berupa empat undakan anak tangga tanpa podium dan tanpa ornamen atap atau ornamen hias lainnya.

Presiden Russia Vladimir Putin di Masjid Agung Ufa [foto: en.kremlin.ru]
 
Pemakaman Muslim
 
Didalam komplek masjid ini juga terdapat pemakaman muslim, tempat bermakamnya para tokoh tokoh muslim Ufa dan Bashkortostan, salah satunya adalah Muhammad yar Sultanov, beliau merupakan Mufti Orenburg yang ditetapkan melalui dekrit Tsar Russia tahun 1886. Beliau wafat pada 12 Juli 1915 dan dimakamkan di pemakaman muslim di komplek masjid ini.
 
Kantor Dewan Spiritual Muslim Russia
 
Dilingkungan masjid ini juga berdiri kantor Dewan Spiritual Muslim Russia dan madrasah. Masjid agung tua kota Ufa dimasa kini tidak saja menjadi pusat ke-Islaman muslim disana tapi juga menjadi salah satu destinasi wisata populer di wilayah tersebut.

Perangko Masjid Agung Ufa
[foto: Wikipedia]
Kunjungan Vladimir Putin
 
Pada 24 Januari 2018 Presiden Republik Federasi Russia Vladimir Putin berkunjung ke Masjid Agung Ufa untuk bertemu dengan ketua Dewan Spiritual Muslim Rusia sekaligus Ketua Dewan Mufti Russia – Talgat Tadzuddin – yang berkantor di lingkungan masjid ini.
 
Dalam pertemuan tersebut, Vladimir Putin dan Mufti Talgat Tadzuddin mendiskusikan prospek perkembangan Pendidikan Islam di Russia Bersama dengan presiden Republik Bashkortostan ‘Rustem Khamitov’, Utusan Berkuasa Penuh Presiden untuk Distrik Federal Volga ‘Mikhail Babich’.***
 
Rujukan
 
https://bolgar.academy/en/muhammad-yar-sultanov/
http://www.en.kremlin.ru/events/president/news/56701
https://en.wikipedia.org/wiki/Old_Mosque,_Ufa
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar berbau SARA