Minggu, 13 Agustus 2023

Masjid Agung Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara

Masjid Agung Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara  dengan Gedung Islamic Center disebelahnya. (foto: IG @saiful_safeer)
 
Masjid Agung Kota Tebingtinggi diresmikan pada 30 Januari 2019 oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Ramayadi didampingi Wali Kota Tebingtinggi Ir Umar Zunaidi Hasibuan bersama undangan. Upacara peresmian masjid agung tersebut bersamaan dengan peresmian tiga bangunan lainnya milik Pemerintah Kota Tebingtinggi lainnya.
 
Tiga bangunan lainnya yakni gedung Islamic Centre, Balai Pertemuan Kartini serta Balai Kota Tebingtinggi. Upacara peresmian ditandai dengan penandatangan batu prasasti dan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Provsu Hj Nawal Lubis Edy Rahmayadi, di halaman Kantor Balai Kota, Jalan Sutomo Kota Tebingtinggi.
 
Masjid Agung Kota Tebingtinggi
Lalang, Rambutan, Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara 20998
https://goo.gl/maps/qJ2W5vkMyUnNrRut8
 

 
Keempat bangunan baru tersebut merupakan bagian dari proyek dengan anggaran biaya bertahap multy years dari dana APBD Kota Tebingtinggi. Untuk bangunan Masjid Agung dan gedung Islamic Centre yang menelan dana sekitar Rp 64 miliar.
 
Masjid tersebut berada di Jalan Medan-Tebingtinggi, Kelurahan Lalang, Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi.  Lokasinya yang hanya beberapa meter dari Simpang Beo yang merupakan titik pertemuan jalur lintas Tebingtinggi-Siantar dan Tebingtinggi-Kisaran, sehingga tak jarang masjid satu ini menjadi perhentian para pengendara.
 
MEGAH. Masjid Agung Kota Tebingtinggi dengan gaya arsitekturnya yang megah memadukan gaya masjid kuno kesultanan di Sumatera dengan sentuhan gaya bangunan masjid Asia tengah dan Kaukasus. (foto: muhammad fernanda)

Masjid ini buka 24 jam. Jadi pengunjung dapat memanfaatkan sepenuhnya sebagai tempat ibadah. Disekitar masjid ini juga disediakan lapak lapak bagi para pedagang kuliner.  Sebelumnya kota Tebingtinggi telah memiliki Masjid Raya Kota Tebing Tinggi yang posisinya persis berada di tengah Kota Tebingtinggi.
 
Arsitektur
 
Masjid Agung Kota Tebingtinggi dibangun dengan memadukan gaya bangunan masjid modern dengan gaya bangunan masjid masjid tua di Sumatera. Rancangan kubah utama masjid ini serupa dengan rancangan kubah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dan masjid masjid tua kesultanan di Sumatera tempo dulu.
 
Masjid Agung Kota Tebingtinggi (foto: Ronaldi Tumanggor)

Gaya bangunan masjid masjid asia tengah tampak pada badan bangunan yang massif dan tinggi besar serta lantai masjid yang ditinggikan dari permukaan tanah menambah kesan kokoh dan gagah. Jendela jendela berukuran besar dengan kanopi kecil diatasnya menjadi salah satu ciri bangunan tropis.
 
Dua menara masjid ini dibangun terpisah di sisi kiri dan kanan bangunan utama. Bentuk menaranya agak berbeda dengan menara menara masjid yang ada di Indonesia. Menara masjid ini terdiri dari tiga bagian yakni bangunan penopang yang sama bentuknya dengan bangunan utama, lalu bagian tengah berdenah segi delapan dan sisi atas dengan batang menara yang lebih ramping.

Interior Masjid Agung Kota Tebingtinggi (foto: ucu jek)

Kubah utama masjid berdenah segi delapan ini diapit oleh empat kubah yang serupa namun berukuran lebih kecil di empat penjuru atap masjid. Ornamen bulan bintang bewarna ke-emasan menghias puncak kubah utama masjid. 
 
Masjid Agung Kota Tebingtinggi dibangun dengan daya tampung hingga 3.000 jamaah, sedangkan gedung Islamic Centre yang lokasinya berdampingan mampu menampung sekitar 1.000 pengunjung, sehingga bisa digunakan untuk even-even kegiatan keagamaan tingkat provinsi bahkan nasional termasuk penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Sumut 2019 dan MTQ Nasional tahun 2020 tingkat Provinsi Sumatera Utara
 
Compact & Minimalis. Gaya masjid agung kota Bukittinggi ini tampak megah dan anggun dengan pilihan warna warna kalem. (foto: Arif Faizin)

Bagian dalam masjid ini terang benderang dengan sinar matahari yang masuk dari kaca jendela masjid. Ruang mihrab dibangun menjorok keluar bangunan. Sisi depan mihrab dihias dengan bentuk gerbang besar dari kayu berukir. Satu mimbar kayu berukir ditempatkan didalam mihrab.
 
Masjid Agung Kota Tebingtinggi ini juga dilengkapi dengan beranda yang ditopang oleh pilar pilar beton bundar  dihias dengan ornamen simetris. Lengkunan besar diatas menara mengingatkan kita pada beranda Masjid Islamic Center Mataram di Lombok. Dengan memadukan warna putih susu dan hijau lumut memberikan kesan sejuk namun megah pada bangunan nya yang tinggi besar.***
 
Rujukan
 
https://sumutpos.co/masjid-agung-tebingtinggi-diresmikan-mampu-tampung-3-000-jamaah/
https://medan.tribunnews.com/2022/02/14/masjid-agung-tebingtinggi-ikon-baru-kota-lemang-yang-curi-perhatian.
https://parboaboa.com/menelusuri-pesona-masjid-agung-kota-tebing-tinggi
 
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------
 
Baca Juga
 
Masjid Jamik Hopong Benang Merah Masuknya Islam ke Tapanuli Utara
Mesjid Raya Sultan Akhmadsyah Tanjung Balai Warisan Kesultanan Asahan
Mesjid Agung H. Ahmad Bakrie Kisaran, Asahan
Masjid Azizi - Masjid Kesultanan Langkat
Masjid Raya Sulaimaniyah - Masjid Kesultanan Serdang
Masjid Raya Al Mashun - Medan
Mesjid Lama Gang Bengkok, Kota Medan
Masjid Al Osmani Tertua di Kota Medan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar berbau SARA