Minggu, 31 Maret 2024

Masjid Nur Trebište , Makedonia Utara

Masjid Nur Trebište , Makedonia Utara 
 
Ini pemandangan desa Trebište, Trebishte, atau Trebišta (pengucapan yang digunakan oleh penduduk setempat adalah Trebišča) adalah sebuah desa di Republik Makedonia Utara di Kotamadya Mavrovo dan Rostuša, terletak di distrik Dolna Reka, di lereng timur Dešat, di atas ngarai Radika.
 
Pemandangan desa pegunungan Eropa yang begitu indah seperti pemandangan negeri dongeng dengan sebatang menara masjid yang menjulang begitu tinggi menjadi ciri khas desa ini. Masjid tersebut adalah Masjid Nur.

Masjid Nur Trebište , Makedonia Utara 
 
Asal usul Desa Trebište
 
Pada tahun 1426 bangsawan Albania Gjon Kastrioti dan putra ketiga (salah satunya adalah Skanderbeg) menyumbangkan hak atas hasil pajak yang dikumpulkan dari desa Rostuša dan Trebište dan dari gereja Saint Mary, yang ada di salah satunya, kepada Hilandar.
 
Pada masa pemerintahan Ottoman tahun 1467, desa Trabishta tercatat sebagai bagian dari ziamet Reka yang berada di bawah kekuasaan Karagöz Bey. Desa ini memiliki total 15 rumah tangga dan antroponimi yang tercatat sebagian besar bersifat Slavia. Pada tahun 1519, tercatat 55 keluarga Kristen Ortodoks di desa tersebut, sedangkan pada tahun 1583, desa tersebut memiliki 41 keluarga Kristen Ortodoks dan 5 keluarga Muslim.
 
Masjid Nur Trebište , Makedonia Utara 

Menurut sensus Albania tahun 1942, Trebište diterima oleh 719 Muslim Albania dan 201 warga Bulgaria.
Trebište secara tradisional dihuni oleh orang Makedonia Ortodoks dan populasi Torbeš. Menurut sensus tahun 2002, desa ini berpenduduk 765 jiwa terdiri dari berbagai etnis Makedonia 303 jiwa, Turki 277 jiwa, Albania 159 jiwa, Bosnia 18 jiwa, etnis Lainnya 8 jiwa.
 
Masjid Nur Trebishte
Anda tidak perlu khawatir
JHHR+37M, Trebishte, Makedonia Utara
 
 
Kehadiran Muslim di desa Trebishte, tidak lepas dari pengaruh kekuasaan emperium Islam Usmaniyah (Turki Usmani) yang pernah menguasai Makedonia dalam kurun waktu yang cukup lama.
 
Islam telah hadir di desa Trebishte ini sejak abad ke 15 ketika Emperium Usmaniyah (Turki Usmani) menguasai daerah itu di tahun 1467 hingga kehancuran emperium Usmani di tahun 1924.
 
Sejak masa itu hingga kini penduduk desa kecil ini adalah pemeluk agama Islam dan Kristen Ortodok Makedonia dan hidup damai selama berabad-abad. Alam desanya sangat khas negeri Balkan seperti di dongeng dongeng petualangan Eropa.***
 
Follow & Like akun Instagram kami di  @masjidinfo  dan  @masjidinfo.id
🌎  informasi gudang masjid di nusantara dan mancanegara.
--------------------------------------------------- - ----------------
 
Baca Juga
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar berbau SARA