Minggu, 30 April 2023

Masjid Masjid di Finlandia (bagian 1)

Masjid masjid di Finlandia Bagian 1

Masjid masjid di Finlandia sebagian besar menempati ruang ruang di gedung perkantoran di pusat pusat kota. Namun demikian semua masjid tersebut adalah masjid resmi yang diakui pemerintah. Konstitusi di Finlandia sangat tegas dalam perlindungan kebebasan beragama, dan memiliki tata kelola yang sangat baik. 

Komunitas komunitas muslim yang sudah terdaftar dengan mudah menyewa tempat untuk dijadikan sebagai masjid. Bahkan di beberapa kota, umat Islam telah membeli gedung untuk dipakai sebagai masjid. Dengan membuka aplikasi google map, anda akan dengan mudah menemukan masjid di Finlandia. Masjid masjid tersebut tersebar di beberapa kota seperti Helsinki, Tampere, dan Turku. Berikut beberapa diatara masjid masjid yang ada di Finlandia. 


1. Järvenpää Mosque 

Järvenpää Mosque 
Keskitalontie 3, Kinnari [fi], Järvenpää, Uusimaa, Finland 04430 

Järvenpää Mosque atau dalam Bahasa setempat disebut Järvenpään moskeija adalah masjid yang berada di kota Järvenpää, sekitar 30 km diluar kota Helsinki, Finlandia. Bangunan masjid ini merupakan satu satunya masjid di Finlandia yang dibangun sejak awal sebagai masjid dan dalam bentuk masjid sebenarnya. 

Masjid Jarvenpaa, Finlandia.

Pertama kali dibangun tahun 1942 oleh komunitas muslim Tatar yang tergabung dalam organisasi Finnish Islamic Congregation (Tatar: Finlandiya Islam Cemaati). Bangunan masjid ini cukup unik, dibangun dari kayu dilengkapi dengan satu bangunan menara yang juga terbuat dari kayu diatas beranda-nya. 

Bangunan masjid ini berbentuk persegi panjang dengan bentuk bangunan tak jauh berbeda dengan bangunan lain pada umumnya. Yang membedakannya adalah bangunan menara dengan ornamen bulan sabit di puncaknya. Masjid Järvenpää telah direnovasi di tahun 2009 yang lalu. 


2. Masjid Al-Huda (Helsinki Islamic Center) 

Masjid Al-Huda (Helsinki Islamic Center) 
Veturitori 2 Pasila Helsinki 00520 Finland 

Masjid Al-Huda (Helsinki islamic Center / Helsinki Islam Keskus / Markaz Helsinki Al Islami / Xarunta Islaamka Helsinki) adalah salah satu masjid di kota Helsinki yang menempati lantai dasar sebuah gedung bertingkat di pusat perniagaan kota Helsinki. 

Helsinki Islamic Center.

Masjid ini cukup besar meski akan membuyarkan ekpektasimu untuk menemukan sebuah bangunan masjid yang cukup besar sebagaimana bangunan masjid yang biasa kamu jumpai, karena lokasinya yang berada di lantai dasar Gedung bertingkat membuatnya sama sekali tak mirip bangunan masjid. 

Meski demikian beberapa banner berukuran besar dengan tulisan besar nama masjid dalam beberapa Bahasa yang kami tuliskan diawal tadi terpampang diatas pintu utama dan berjejer di kaca jendela masjid ini. Setelah melangkahkan kaki melewati pintu utama masuk kedalam ruangan kita baru akan menemukan suasana masjid pada umumnya. 


3. Al-Nurr Mosque Espoo (Espoo Islamilainen Yhdyskunta) 

 Al-Nuur Mosque (Islamic Community of Espoo) 
Espoo Islamilainen Yhdyskunta 
Kirstinharju 1-3, 02760 Espoo, Finlandia 

Masjid Al-Nuur (Al-Nuur Mosque / Islamic Community of Espoo / Espoon Islamilainen Yhdyskunta) adalah salah satu masjid di Finlandia yang berada di kota Espoo di daerah Uusimaa Finlandia, dibawah pengelolaan organisasi Islamic Community of Espoo. 

Masjid Al Nuur Espoo

Masjid ini menempati sebuah Gedung bertingkat di kota Espoo selain menyelenggarakan sholat berjamaah juga berbagai aktivitas termasuk madrasah untuk anak anak pemuda dan dewasa dalam berbagai Bahasa. 


4. Masjid Al-Iman (Al Iman Moskeija / Islamic Multicultural Dawah Center Of Helsinki) 

Al Iman Moskeija / Islamic Multicultural Dawah Center Of Helsinki 
Munkkiniemen puistotie 4A, 0033A Helsinki, Finlandia 

Masjid Al-Iman dikelola oleh organisasi Islamic Multicultural Dawah Center of Helsinki yang berdiri sejak tahun 1999. Sedangkan masjid-nya sendiri mulai digunakan pada bulan Oktober 1999. Masjid ini memiliki luas 214m2 selain memiliki ruang sholat yang terpisah untuk Jemaah pria dan wanita, dilengkapi juga dengan ruang kelas, dapur, toilet pria dan wanita dan tempat wudhu. 

Masjid Al Iman Helsinki.

Lokasi masjid ini mengambil tempat di sebuah gedung perkantoran di pusat kota Helsinki, karenanya anda harus jeli untuk memperhatikan peta dan nama yang tertulis di pintu masjid ini dengan seksama, karena hanya itu yang menjadi petunjuk bahwa tempat itu adalah masjid. Nama masjid ini tertulis dengan jelas di pintu masuk dengan bahasa Arab, Inggris dan bahasa Finlandia. 


5. Suomen Islamilainen Yhdyskunta 

Suomen Islamilainen Yhdyskunta 
Lönnrotinkatu 22, 00120 Helsinki, Finlandia 

Suomen Islamilainen Yhdyskunta atau Islamic Society Of Findland adalah organisasi Islam di Findlandia yang juga mengelola sebuah masjid di Helsinki. Masjid yang mereka Kelola merupakan salah satu masjid yang berada di pusat kota Helsinki dan sangat mudah dijangkau. 

Masjid Al Rabitah milik Suomen Islamilinen Yhdyskunta

Jemaah masjid ini berasal dari berbagai bangsa, memiliki fasilitas cukup lengkap dengan tata Kelola yang cukup baik, terbuka untuk semua muslim dalam aktivitas penyelenggaraan sholat berjemaah lima waktu dan aktivitas lainnya.    

 ------------------------------------------------------------------ 
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id 
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara. 
------------------------------------------------------------------ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar berbau SARA