Sabtu, 06 Mei 2023

Masjid Masjid di Finlandia (bagian 2)

Masjid Masjid di Finlandia (bagian 2)

Finlandia memiliki cukup banyak masjid lho yang tersebar di berbagai kota, diperkirakan disana ada 40 masjid meski memang hampir seluruh bangunan masjidnya tidak seperti bangunan masjid yang biasa kita kenal. Berikut lima masjid yang ada disana yang berhasil kami rangkum, melanjutkan dari posting sebelumnya.
 
6. Suomen Islam-Seurakunta
 
Suomen Islam-Seurakunta
Fredrikinkatu 33 A, 00120 Helsinki, Finlandia
 
Masjid Suomen Islam Seurakunta di pusat kota Helsinki.

Suomen Islam-Seurakunta atau Jemaah Islam Finlandia merupakan organisasi Islam tertua di Finlandia yang sudah berdiri sejak tahun 1925, mereka memiliki sebuah masjid dipusat kota dikawasan Old Market Square Helsinki hanya terpaut dua blok dari masjid milik Suomen Islamilainen Yhdyskunta
. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang paling populer dan paling banyak menjadi objek foto bagi para wisatawan muslim yang berkunjung ke Helsinki karena lokasinya yang berada digedung disalah satu perempatan sibuk di Helsinki.
 
Masjidnya sendiri menempati lantai lima (lantai paling atas) dari Gedung pusat niaga, kalimat Laa Ilaahaillallah sebagai penanda ditulis dengan hurup besar di bagian atas bangunan Gedung tersebut dengan warna emas. Tak hanya itu atap bangunannya juga dilengkapi dengan kubah besar dan lambing bulan sabit yang cukup besar terlihat mencolok. Pintu masuk masjid ini berada dibagian belakang unit pertokoan yang berada dilantai dasar Gedung.
 

7. Kerava Mosque
 
Kerava Mosque
Lintulammenkatu 4, 04250 Kerava, Finland
See map here https://goo.gl/maps/aqKVMrw6Dz3i5UzN9
 
Masjid Kerava, tak mirip bangunan masjid pada umumnya.

Kerava adalah sebuah kota kecil di wilayah Uusimaa Finlandia. Kota ini memiliki sebuah masjid yang menjadi salah satu bangunan dari sedikit masjid di Funlandia yang menempati bangunan tersendiri tidak seperti kebanyakan yang lain yang ‘menumpang disebuah Gedung bertingkat’.
 
Namun demikian bentuk bangunannya seperti bangunan rumah tinggal pada umumnya, sehingga mustahil bagi anda dapat mengenali masjid ini dari ciri bangunannya, yang sama sekali tidak mirip dengan bangunan masjid pada umumnya.
 

8. Diyanet Islamic Community of Finland
 
Diyanet Islamic Community of Finland
Suomen islamilainen Diyanet Yhdyskunta
Kilpakuja 1, 01280 Vantaa, Finlandia
 
Masjid Diyanet Islamic Community of Finland.

Masjid milik organisasi Diyanet Islamic Community of Finland (Suomen islamilainen Diyanet Yhdyskunta) ini cukup unik, masjidnya menempati lantai dua dari sebuah Gedung niaga yang tak terlalu besar dan hanya berlantai dua di kota Vantaa, Finlandia. Akses menuju ruangan masjid ini disediakan sebuah lift. Tidak ada tanda tanda bahwa ada masjid dibangunan tersebut.
 
Sesuai Namanya, masjid ini memang dikelola oleh muslim Turki namun tentu saja terbuka untuk semua muslim dari latar belakang manapun. Masjid ini cukup Makmur dengan berbagai aktivitas, menyediakan berbagai layanan bagi muslim setempat termasuk layanan penyelenggaraan pemakaman muslim lintas negara. Selain masjid ini, Kota Vantaa juga memiliki masjid lainnya yakni Vanta Islamic Center.
 
 
9. Vantaa Islamic Center
 
Vantaa Islamic Center
Ojahaanrinne 4, 01600 Vantaa, Finlandia
 
Vantaa Islamic Center.

Resminya masjid kedua di Vantaa ini adalah Assalam islamic Center namun lebih dikenal sebagai Vantaa Islamic Center. Ruang masjid ini menempati lantai dasar sebuah Gedung niaga di Vantaa. Pintu masuk ke ruangan masjid berada disamping Gedung melewati beberapa anak tangga dari jalan raya.
 
Pengelolaan masjid ditangani oleh muslim Somalia, dengan manajemen yang cukup baik, terbuka untuk semua muslim, khutbah jum’at disampaikan dalam Bahasa arab dan Bahasa Finlandia.


10. Masjid Tempere
 
Tampereen islamin Yhdyskunta
Yliopistonkatu 60, 33100 Tampere, Finlandia
see map here https://goo.gl/maps/jcNeAuFBGdzTKXnJA
 
Masjid Tempere

Masjid di kota Tempere dikelola oleh Tampereen islamin Yhdyskunta (asosiasi Muslim  Tempere), organisasi muslim Tempere yang dididirkan pada 16 Februari 1998 (sebelumnya bernama Islamin Ystävällinen Yhdyskunta). Keanggotaan komunitas tidak memiliki latar belakang etnis yang seragam.
 
Masjid milik organisasi ini begitu terkenal diantara para mahasiswa mancanegara karena lokasinya yang sangat dekat dengan Tempere University, termasuk mahasiswa muslim dari Indonesia. Masjid Tempere menyelenggarakan pengajaran bahasa Arab dan Alquran serta berbagai aktivitas keislaman lainnya.
 
------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------
 
Baca Juga
 
Islam di Finlandia
Islam di Slovenia
Islam di Portugal
Islam di Yunani
Islam di Republik Ceko
Islam di Swiss
Islam di Lithuania

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar berbau SARA